STIMART "AMNI" make you professional, qualified, competent and internationally competitive

SEMARANGPeminat taruna dan mahasiswa masuk SEKOLAH TINGGI MARITIM DAN TRANSPORT “Akademi Maritim Nasional Indonesia ” (AMNI) ” semakin membeludak dan terus meningkat dari tahun ke tahun. Tahun ajaran 2010 / 2011, jumlah taruna dan mahasiswa STIMART “AMNI ” mencapai 620 orang.

Penerimaan taruna tahun ini merupakan angkatan ke-48. Ini sangat diluar dugaan. Jumlah taruna STIMART “ AMNI ” tahun ini saja hampir 500 orang. Padahal akademi pelayaran di lain kota,  banyak yang menanyakan bagaimana bisa kami merekrut taruna sebanyak itu.

Tingginya peminat taruna untuk menjalani pendidikan di STIMART “AMNI ” dikarenakan permintaan dunia pelayaran akan pelaut berjumlah tinggi. Di negara bagian Eropa, kebutuhan perwira laut mencapai 14.000. Indonesia masih kekurangan sebanyak 18.000 pelaut sampai 2014. Menyusul diberlakukannya asas cabotage di industri pelayaran nasional yang mendongkrak pertumbuhan kapal menjadi dua kali lipat per tahun. Sementara, seluruh sekolah pelayaran yang ada hanya sanggup memproduksi 1.200 pelaut setiap tahunnya.

Peningkatan SDM transportasi di STIMART “ AMNI “ baik jumlah maupun kualitas merupakan bagian dari upaya pengimpelementasian amanat dari empat undang-undang tranportasi yang baru. ”Di dalam semua UU tranportasi, baik laut, udara, maupun jalan raya, pengembangan SDM menjadi prioritas. SDM menjadi bagian yang paling penting untuk meningkatkan keselamatan tranportasi dan kualitas pelayanan kepada publik. Pada masa yang akan datang, peranan tranportasi darat,laut,dan udara akan semakin strategis. Karenanya, selain harus mampu mengantisipasi kemajuan iptek, SDM perhubungan juga dituntut untuk memenuhi harapan masyarakat pengguna jasa tranportasi untuk menyediakan pelayanan tranportasi yang selamat, aman dan nyaman.

Karenanya, SEKOLAH TINGGI MARITIM DAN TRANSPORT “ AMNI “ Semarang sebagai wadah untuk mewujudkan amanat UU tersebut, dituntut untuk dapat menghasilkan lulusan yang siap pakai dan berkualitas tinggi. STIMART “ AMNI ” juga diharapkan mampu secara terus-menerus meningkatkan kemampuan diri dan kinerjanya agar dapat meningkatkan mutu lulusan dengan mengupayakan terobosan-terobosan baru. ”Antara lain dengan Menyelenggarakan pendidikan profesional dan akademik, mengembangkan, mengimplementasikan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang transportasi, Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan, Nautika, dan Teknika, yang sesuai, bermanfaatbagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan misi STIMART “AMNI” ”. Untuk saat ini, dari sisi kualitas, lulusan kami sudah cukup baik. Untuk kuantitas, mungkin masih perlu ditingkatkan.

LEMUSTAR47-NEWS/2/10/10

This slideshow requires JavaScript.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: